DOKTRIN TENTANG YESUS KRISTUS

DOKTRIN TENTANG YESUS KRISTUS



DOKTRIN TENTANG

Tidak seperti agama dan keyakinan lain di dunia ini, Kekristenan tidak didirikan berdasarkan sistem atau ideologi atau kode etik, tetapi pada seseorang yaitu Tuhan Yesus. Yesus sangat unik dalam kelahirann, kehidupan, ajaran, pekerjaan dan kematianNya. Tidak satupun pendiri agama-agama dunia ini mempunyai catatan atau rekod seperti Dia. Tentunya, jika kita mempertimbangkan semua kebesaran, kemahakuasaan, kebijaksanaan orang yang pernah hidup, tak seorang pun yang menyerupai karakteristik yang dimiliki Kristus. “Ia Tetap Ada Dalam Semua Sejarah-Unik, Surgawi dan Tidak Bisa Dibandingkan.”
Tuhan Yesus adalah fondasi Kekristenan. Ia adalah BATU KARANG yang tanpa olehnya tidak akan ada bangunan diatasnya. Marilah kita pertimbangkan kehidupan dan pekerjaanNya yang dicatat dalam Alkitab.
KEHIDUPAN DAN PEKERJAANYA
KELAHIRANNYA oleh gadis dara Maria adalah penggenapan nubuat Perjanjian Lama: “Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Immauel” (Yesaya 7:14) yang diartikan ALLAH BERSAMA KITA (Mat 1:23). KelahiranNya merupakan supernatural, bukan oleh keinginan manusia, tetapi kuasa dari Allah (Luk 1:35)
PENGETAHUANNNYA menakjubkan orang yang mendengarNya. Pada saat umur 12 tahun, Ia bergaul dengan ahli-ahli taurat di rumah ibadah dan “Semua orang yang mendengar Dia terheran-heran karena pengetahuannNya dan jawaban-jawabanNya” (Luk 2:47). KesaksianNya yang terkenal itu membuat orang yang mendengarNya menjadi takjub. Ada tercatat, “Dan setelah Yesus mengakhiri perkataan ini, takjublah orang banyak itu mendengar pengajaranNya sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat mereka” (Mat 7:28-29). Keunikan pengetahuan dan kebijakansanaanNya harus dimengerti dalam kenyataan bahwa Ia hidup dalam lingkungan tukang kayu. Sejauh yang bisa kita katakan, Ia tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa sumber pengetahuaanNya berasal dari ALLAH BAPA.
AJARAN-AJARAN DAN TUNTUTAN-TUNTUTANNYA – Ajaran dan tuntutan Yesus berpusat pada diriNya, tidak seperti guru-guru lainnya. Guru Besar dunia dalam agama mununjuk pada manusia lainnya atau sesuatu yang lebih tinggi. Yesus menarik orang kepadaNya. PernyataanNya dengan jelas membuktikan hal tersebut:
“Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi dan barang siapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi” (Yoh 6:35).
“Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia kan mempunyai terang hidup” (Yoh 8:12).
“Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya” (Yoh 10:11).
“Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati” (Yoh 11:25).
“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak seorangpun datang kepada Bapa kalau tidak mealalui Aku” (Yoh 14:6).
“Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya” (Yoh 15:5).
“. . . Bagi manusia hal itu tidak mungkin, tetapi bukan demikian bagi Allah” (Mar 10:27).
Kutipan-kutipan diatas hanyalah sebagian dari begitu banyak kutipan-kutipan yang dibuat Yesus Kristus. Kutipan tersebut ada yang hanya boleh diucapkan dengan otoritas ilahi, yaitu otoritas Tuhan Yesus, yang mana akan kita pelajari sebentar lagi.
KEBERADAANNYA – APAKAH YESUS ITU ALLAH? Dalam pelajaran kita sebelumnya, kita belajar bahwa ALLAH menyatakan diriNya kepada manusia melalui anakNya Yesus Kristus, yang merupakan pribadi kedua dalam TRITUNGGAL ALLAH. Jika Yesus orang Nazaret, Anak Manusia dan juga Anak Allah, maka Ia harus menunjukan bukti yang jelas dan meyakinkan sehingga kita bisa mengakui bahwa Kristus adalah Allah.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 01:52 and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment